Mengenal Air Suspension (Ceper Tinggal Pencet) Kelebihan dan Kelemahan Air Suspension - Welcome

Breaking

Facebook

ads header

Thursday 11 April 2019

Mengenal Air Suspension (Ceper Tinggal Pencet) Kelebihan dan Kelemahan Air Suspension

Hasil gambar untuk Air SuspensiAir Suspension merupakan salah satu inovasi di bidang otomotif yang sangat berpengaruh dalam perkembangan otomotif di dunia sampai saat ini. Suspensi ini sebenarnya merupakan sebuah gabungan dari inovasi suspensi yang pernah ada jauh sebelum adanya  Air Suspension. Pada tahun 1901 seorang ilmuan bernama William Humphrey menciptakan sebuah sistem suspensi udara yang telah dipatenkan. Komponen-komponen utama yang digunakan dalam pemasangan air suspension yaitu kompresor udara, tabung penyimpanan, selang udara bertekanan tinggi, kantung udara, katup solenoid. Prinsip kerja sistem suspensi ini dengan cara menggantikan per baja dengan bantalan udara, yang dapat diatur tingkat kekerasannya secara fleksibel sambil berjalan. 

Seperti kita ketahui, Air suspension memiliki sistem kerja yang dimulai dari kompresor yang menyuplai udara ketabung, kemudian dari tabung dibagi ke kaki-kaki melalui selenoid yang dihubungkan lewat selang udara. Pada air suspension pasti terdapat tombol beserta indikator untuk mengatur naik turunnya air suspensi sesuai keinginan dan mengontrol persediaan udara dalam tabung pada keempat roda, sebaiknya untuk tombol pengaturnya ditaruh didepan dashboard atau di sesuaikan keadaan kedudukan interior, yang terpenting adalah agar tombol pengatur mudah dijangkau pengemudi, betul bukan ?.

Pada intinya air suspension sendiri tidak perlu perawatan seperti halnya suspensi biasa, yang perlu dirawat adalah tabung penampung udara pada kompresor dengan cara dibuang udara-nya seminggu sekali. Selain itu karet balon dari suspension udara juga perlu untuk diperiksa kondisinya. Sebaiknya karet balon meskitidak/belum mengalami kerusakan, setelah 3 tahun sebaiknya diganti agar tetap layak untuk dipakai harian, karena bahan karet lama-kelamaan dapat mengeras (getas) dan retak, sehingga dapat terjadi kebocoran. Untuk tabung air suspension sendiri tidak perlu perawatan, karena seandainya bocor-pun masih bisa diperbaiki dengan mengganti seal tabungnya.

Air Suspensi itu terbagi 2 jenis, yaitu:
1. Type Strut : Type ini shock absorber dengan per-nya jadi satu,  Tipe Strut juga ada 2 jenis, yaitu strut kecil dan besar
Hasil gambar untuk Air Suspension strut
2. Type Bag : Type ini antara shock absorber dengan per-nya terpisah

Hasil gambar untuk Air Suspension bag
pemilihannya, mungkin lebih dipertimbangkan dengan type mobilnya sendiri ya atau yang sesuai dengan keinginan.

BACA JUGA 
Cara Mempercantik Mobil Dengan Ceper

Keunggulan dan Kelemahan Air Suspension

Kelebihan untuk air suspension itu sendiri bisa dibilang bantingannya (Rebound) lebih terasa empuk (Soft) dibandingkan dengan yang model biasa dan pemasangannya pun terbilang tidak rumit, ada beberapa model tinggal Plug-in alias tinggal pasang saja tanpa banyak setelan lainnya.

sedangkan kelemahannya air suspensi terutama jika ingin diaplikasikan pada celah suspensi mobil yang sempit seperti jenis sedan atau city car, karena bentuknya agak melebar dan terbuat dari karet, di khawatirkan akan bergesekan dengan dinding di kolong suspensi sehingga bisa menyebabkan kebocoran. Jadi lebih banyak digunakan pada mobil berbobot besar seperti jenis SUV.

Akan tetapi untuk model air silinder, karena bentuknya yang ramping, maka jenis ini lebih banyak dan cocok dipergunakan pada mobil-mobil mempunyai celah sempit semacam sedan, sedangkan kekurangannya tipe ini memiliki bantingan yang lebih keras.

Selain kelemahan yang di atas, mungkin kelemahan / kekurangan lainnya yaitu dari sisi Price, terkadang harga air suspension ini jauh lebih mahal ketimbang suspensi biasa ya.. mungkin kedepannya, kalau udah banyak after market yg jual, harga bisa lebih bersahabat dikantong

No comments: