Pengertian ECU dan Prinsip Kerja ECU Kendaraan - Welcome

Breaking

Facebook

ads header

Monday 8 April 2019

Pengertian ECU dan Prinsip Kerja ECU Kendaraan

         Pengertian ECU menurut wikipedia adalah sebuah singkatan untuk Electronic Control Unit atau Unit kontrol elektronik yang berfungsi untuk melakukan optimasi kerjanya mesin kendaraan.

        Dalam suatu mobil dapat terdapat ditemukan beberapa ECU. Salah satu contoh ECU adalah Engine Control Unit atau Unit kontrol mesin, yang fungsinya:
Kontrol injeksi bahan bakar yang berfungsi untuk mengendalikan penggunaan bahan bakar yang diinjeksikan serta besarnya udara kedalam ruang bakar sehingga penggunaan bahan bakar kendaraan paling efisien,
Kontrol waktu pengapian yang berfungsi mengendalikan waktu/timing pengapian yang disesuaikan dengan kecepatan dan medan yang dilalui.
Kontrol waktu katup yang berfungsi mengatur waktu /timing yang paling tepat untuk membuka dan menutup katup pemasukan dan pembuangan.

Prinsip Kerja Engine Control Unit (ECU)

Gambar di atas merupakan prinsip kerja sederhana dari kendaraan motor roda dua. Prinsip kerja dari ECU ini sama dengan Prinsip Kerja PLC, yaitu:
  1. Sensor

Sensor merupakan input dari sistem ECU dimana akan berfungsi sebagai pemberi sinyal. Sinyal sensor terdapat dua jenis, yaitu: sinyal discrete dan sinyal analog. Discrete signal berupa skala biner dimana hanya ada ON atau OFF (1 atau 0, Benar atau salah), contoh nya : push button. Sedangkan sinyal analog menggunakan prinsip rentang suatu nilai antara “ nol hingga skala penuh ”. Contohnya: MAP (Manifold Air Pressure) dan TPS (Throttle Position sensor).  Signal analog bisa berupa tegangan atau arus listrik yang akan diproporsionalkan oleh nilai integer mikrokontroler ECU, contohnya : pembacaan Throttle “ 0 % hingga 100 % “ akan dikeluarkan sensor TPS dengan nilai tegangan “ 0 V – 5 V “ dimana nilai ini akan dikonversikan menjadi nilai integer “ 0 – 32767 ”.
  1. ECU (Engine Control Unit)

ECU memiliki tiga bagian utama, yaitu: mikrokontroler, memory sistem dan power supply sistem. Semua aktivitas memproses data yang diambil dari sensor akan terjadi pada mikrokontroler ECU secara aritmatik dan logic, yaitu: operasi logika, sequential, timer, counter dan ADC serta mengendalikan kerja sistem secara keseluruhan.
Mikrokontroler ECU akan menghitung sinyal yang masuk dari pulser (Crankshaft position sensor) secara timer dan counter sehingga dapat menentukan kapan waktu pengapian yang tepat dan jumlah bahan bakar yang  harus di-injeksi kan ke dalam mesin sesuai dengan RPM kendaraan.
  1. Actuator

Gambar 3 - injector vs busi (autorepair.about.com)
injector vs busi
Hasil data yang diproses oleh ECU akan dikeluarkan berupa sinyal digital untuk menjalankan actuator. Lamanya waktu Injector untuk menginjeksikan bahan bakar akan sesuai dengan perhitungan di dalam mikrokontroler ECU. Begitu juga dengan waktu pengapian.
  1. COM

COM berfungsi sebagai media komunikasi ECU dengan alat interface lain, contohnya: Laptop, Komputer atau handphone. Dari media COM inilah kita bisa melakukan perubahan nilai dari parameter-parameter waktu pengapian dan injeksi.

No comments: