Bener ga sih,, Matiin AC saat berkendara Bisa Lebih Hemat - Welcome

Breaking

Facebook

ads header

Thursday 26 January 2023

Bener ga sih,, Matiin AC saat berkendara Bisa Lebih Hemat

 Terdapat sejumlah teori atau pendapat yang mengatakan, bahwa mengemudi tanpa AC (air conditioner) menjadi solusi untuk menghemat bahan bakar. Hal tersebut karena beban AC untuk memutar kompresor diklaim mencapai 30 persen dari total kemampuan sebuah mesin kendaraan berputar.


Padahal, efesiensi bahan bakar baru bisa didapat bila pengemudi benar-benar menutup rapat semua kaca mobil, karena apabila AC dimatikan namun kaca terbuka, hasilnya malah bisa lebih boros.

Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Bambang Sri Haryanto mengungkapkan, mobil yang mematikan AC tapi membuka kaca, membuat hambatan angin yang masuk ke dalam kabin jadi begitu besar. Sehingga, bukannya irit hasilnya malah berbanding terbalik.

“Otomatis akan berat, mobil saat kecepatan tinggi dengan kaca terbuka ¾ atau setengah, itu sudah mendapatkan hambatan aerodinamis yang besar. Bukan irit tapi boros, tekanan udara dari luar dan dalam sekaligus,” jelasnya seperti dilansir Kompas.

Mematikan AC Mobil saat Berkendara Bisa Menghemat Konsumsi BBM?

Bila kaca tertutup rapat, lubang ventilasi yang dijadikan untuk tempat celah masuk udara luar jadi vakum. Laju mobil seakan tak terbebani sedikitpun, alhasil jadi lebih maksimal. Bambang menambahkan, beban komponen AC mobil juga tak seberapa besar. Jika di rata-rata jauh lebih berat daripada menanggung beban dari aerodinamika kendaraan.

"Kehilangan aerodinamis itu parah sekali. Hambatan angin dimana-mana, itu kasusnya hampir mirip bawa muatan overload. Perhitungan tenaga dan bahan bakar yang terbuang presentasenya jauh dibandingkan berkendara AC hidup di setelan suhu kabin maksimal, paling dingin," lanjutnya.

Oleh karena itu, untuk penggunaan harian sebenarnya memang menyalakan AC tidak terlalu berpengaruh besar pada efisiensi bahan bakar mobilmu. Saat berkendara eco driving, Bambang menyarakan untuk setelan AC pun bisa di atur sedemikian, tentu tujuannya adalah untuk bahan bakar menjadi lebih hemat.

"Blower dibuka nomor satu dan setelan suhu di posisi setengah ke bawah. AC secara umum, tak seberapa signifikan, yang bikin boros itu akselerasi dan deselerasi," terangnya.

Mematikan AC Mobil saat Berkendara Bisa Menghemat Konsumsi BBM?

Jadi, jangan salah mengartikan bahwa mematikan AC mobilmu bisa menjadi lebih hemat, ada beberapa kendala yang malah bisa terjadi bila hal tersebut terus-menerus dilakukan. Atau bila ingin benar-benar hemat BBM mungkin bisa mulai mengganti kendaraanmu dengan mobil listrik

No comments: