Berikut Beberapa Tentang Oli Mesin Yang Harus Diperhatikan - Welcome

Breaking

Facebook

ads header

Tuesday 6 August 2019

Berikut Beberapa Tentang Oli Mesin Yang Harus Diperhatikan

Beberapa Hal yang wajib diperhatikan terhadap oli mesin yang kita pakai

1. Mitos oli hitam harus diganti
Wajar jika warna oli mesin berubah hitam. Namun tidak selalu benar sebagai penanda sudah saatnya ganti oli dengan yang baru. Padahal anggapan itu tak sepenuhnya benar. Sebab untuk masa pergantian oli itu tetap harus mengikuti buku panduan dari pabrikan kendaraan tersebut.
Karena oli bukan hanya sebagai pelumas, tapi fungsinya juga untuk membersihkan permukaan dinding silinder terhadap oksida, karbon dan kerak-kerak yang ditimbulkan karena pembakaran. Maka wajar dalam waktu singkat oli bisa berubah hitam.
Baca juga
 Lupa Ganti Oli !!! Berikut Beberapa Kerugian Yang timbul
2. Gonta-ganti merek oli bikin mesin cepat rusak

Benarkah sering ganti oli berbagai merek bikin mesin gampang rusak? Jawabannya tidak sepenuhnya benar, hal tersebut tidak berbahaya bagi mesin sepanjang kadar kekentalan oli yang digunakan sesuai spesifikasi mesin kendaraan. Faktor yang paling penting lainnya adalah gunakan selalu oli dengan kualitas terbaik.


3. Ganti oli mengikuti jarak tempuh

Pada mobil penggantian pelumas misalnya pada kelipatan 5000 - 10000 km. Namun sebenarnya, hal tersebut juga tergantung dengan situasi dan kondisi. Jika mobil Sahabat pakai untuk kegiatan sehari-hari dan sering terjebak macet, maka yang harus menjadi pertimbangan adalah jam kerja mesin kendaraan. Meski kilometer tidak jalan, namun mesin tetap jalan dan tetap tersirkulasi.
4. Mitos ganti filter oli mobil tidak wajib

Mengganti filter oli mesin mobil tetap harus dilakukan mengikuti siklus pergantian oli rutin yang direkomendasikan. Hal ini perlu dilakukan karena akan mengurangi potensi kerusakan pada mesin karena endapan kotoran.

5. Oli sintetik bikin mesin mengalami kebocoran
Mitos ini sama sekali tidak benar dan salah. Oli sintetik memiliki teknologi yang membuat molekul lebih kecil dibandingkan oli mineral, sehingga memiliki cara masuk ke dalam celah terkecil di mesin kendaraan. Bahkan hal itu berguna karena oli sintetik bisa mendeteksi gejala kebocoran pada mesin Sahabat.
6. Oli sintetik bisa untuk kendaraan tua
Oli sintetik biasanya lebih direkomendasikan untuk kendaraan keluaran terbaru karena lebih cocok dengan teknologinya. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa kendaraan lama bisa menggunakannnya.
7. Pengecekan sebelum perjalanan jauh
Saran ini tepat untuk dilakukan oleh pemilik kendaraan. Hal ini bisa menjaga kinerja mesin agar tetap dalam performa yang baik. Jika Sahabat ingin melakukan perjalanan panjang, penggantian oli dapat dilakukan dua minggu atau bahkan seminggu sebelumnya.
Nah Sahabat, begitulah sederet mitos dan fakta tentang oli kendaraan. Semoga bisa menambah pengetahuan Sahabat ya.
Sumber kaskus.co.id

No comments: