Cara Mengetahui Keruksakan Pada Bearing Roda Atau Laher Roda Mobil - Welcome

Breaking

Facebook

ads header

Wednesday 28 November 2018

Cara Mengetahui Keruksakan Pada Bearing Roda Atau Laher Roda Mobil

Berikut beberapa cara mengecek dan mengetahui keruksakan pada bearing roda atau laher roda mobil.......


















1. Biasanya terjadi yaitu dengan adanya suara gemuruh pada roda mobil Anda. Bearing roda depan biasanya yang paling sering mengalami masalah dikarenakan suaranya masuk secara langsung ke kabin. Jika semakin kencang Anda memacu kecepatan mobil maka akan semakin berisik pula suara roda anda, tingkat kecepatan mobil mencapai 40-60 km/jam itu sudah membuat bagian di roda yang bemasalah anda menimbulkan suara berisik.
2. Anda harus mengecek roda dengan cara di bongkar. Setelah itu putarlah roda secara manual menggunakan tangan Anda dan pada saat roda berpuar Anda harus memegang bagian shock breaker atau low arm agar anda bisa merasakan bergetar atau tidaknya bagian roda tersebut. Jika memang terasa bergetar dan adanya gesekan pada logam yang tidak di beri pelumas, dapat di pastikan bearing roda Anda sudah rusak dan perlu di ganti atau melakukan servis bengkel.

3. Yang harus anda lakukan adalah dengan mengecek menggunakan dongkrak agar roda terangkat. Pada saat roda terangkat anda harus memegang roda dengan tangan Anda, ban bagian bawah di pengan dengan satu tangan dan tangan yang satunya lagi untuk memegang bagian atasnya atau dapat di lakukan sebaliknya. Selanjutnya gerakkan tangan Anda secara memuar.

setelah di putar dan bila Anda merasakan ada gerakan yang tidak wajar atau oblak itu membuktikan bahwa bearing roda anda rusak dan harus segera di ganti atau di bawa ke bengkel mobil agar kerusakan tidak semakin parah atau dapat menyebabkan masalah yang dapat merugiakan Anda dan orang lain. Jika sesudah di bawa ke bengkel maka anda akan mengentahui tindakan apa yang akan di lakukan setelah di cek kembali oleh petugas bengkel.
Note : Yang harus Anda ketahui bahwa bunyi yang timbul seperti suara berisik bearing rusak ternyata juga dapat disebabakan karena permukaan ban yang sudah aus atau terdapat benjolan, maka dari itu keausan ban juga harus Anda perhatikan. Anda harus memastikan suara tersebut di karenakan oleh permukaan ban yang aus atau di sebabkan oleh faktor lain sangat mudah Anda lakukan. Yang paling awal Anda lakukan hanyalah mengganti ban mobil Anda dengan ban serep atau dengan ban lain yang permukaannya lebih bagus dan rata.  Jika ban sudah terpasang Anda harus menjalankan mobil Anda dengan kecepatan sekitar 40-60 km/jam.  Setelah di coba dengan kecepatan yang di tentukan suara berisik tidak terdengar lagi maka sudah dipastikan memang ban mobil Anda sudah aus dan tidak layak di gunakan lagi, namun jika tetap terdengar suara berisik itu berarti bearing roda Anda memang rusak dan harus segera diganti.

No comments: